kayu gaharu

Saturday, April 11th 2015. | Bisnis gaharu, Gaharu

kayu gaharuJika berbicara kekayaan alam hasil bumi Indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Mulai dari batu bara, emas, minyak bumi dan lain sebagainya. Dari hutan jelas dihasilkan kayu sebagai komoditas utama. Bicara tentang jelas kayu banyak sekali jenisnya. Kebanyakan yang paling dikenal oleh masyarakat umum adalah kayu ulin, meranti, kapur, bengkirai, dan lembasung.

Namun ada satu lagi yang paling populer di Indonesia saat ini, tempat di merauke, di sumatra, di borneo dan sebagian di jawa adalah Kayu Gaharu. Kebanyakan orang menyebut kayu gaharu adalah kayu setan. Karena mengapa ?, alasan utama karena tidak semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah. Diperlukan keberanian, tenaga, kerja keras dan hal yang paling utama adalah keberuntungan.Tidak semua orang faham dengan kayu gaharu baik dari bau warna dan jenisnya

Hampir semua pencari  kayu gaharu rata-rata orang yang memiliki nyali besar. Hidup ditengah hutan sampai 4 bahkan 5 bulan setelah mendapatkan apa yang dicari baru turun gunung untuk menemui juragan ataupun pembeli. Bahkan tidak sedikit diantara para pekerja gaharu yang kembali dengan tangan kosong alias tidak mendapatkan apa yang meraka cari kecuali hanya lelah yang mereka dapatkan. Rata-rata pekerja gaharu yang datang di daerah kampung pesisir, bahkan hampir tiap waktu saat ini orang dari berbagai daerah di indonesia menyerbu hutan untuk mencari kayu gaharu

Kayu gaharu yang diambil adalah bagian tengah kayu tersebut yang sudah berserat dan berwana kehitam-hitaman ( glubal atau galih gaharu ). Disinilah letak keanehan tersebut. Karena tidak semua kayu gaharu mempunyai glubal yang laku dijual seperti yang dicari. Banyak diantara mereka yang menebang pohon gaharu namun tidak menemukan galih kayunya padahal pohon tersebut sudah berdiameter diatas 1 M lebih. Contoh keanehan yang lain, satu tempat sudah disisir oleh orang namun tidak di temukan pohon gaharu. Kemudian datang orang kedua mencari bisa mendapatkan banyak galih kayu gaharu di tempat yang sama. Mungkin semua ini sedikit naif, namun fakta membuktikan walau itu diluar batas pemikiran kita.

Mengapa kayu gaharu banyak dicari orang ?

Jawabannya sangatlah mudah, karena kayu tersebut berharga sangat mahal. Harga tergantung dari kualitas kayu tersebut, paling rendah per kilogramnya dibeli oleh tengkulak sebesar 15 – 20 juta rupiah. Sedangkan yang berkualitas super ( King ) harga per kilogramnya bisa mencapai 2 5 – 35 juta rupiah. Cukup besar bukan ?, apakah anda tertarik ? Silahkan mencoba.

 kayu gaharu adalah berbau harum atau wangi jika dibakar, sedangkan kegunaannya bervariasi. Pada umunya digunakan sebagai bahan baku pembuatan dupa, parfum, obat-obatan, kosmetik, bahan pengawet serta difungsikan untuk kegiatan religius. Kayu gaharu banyak di ekspor keberbagai negara di luar negeri seperti Singapura, Cina, Korea, Jepang, Saudi Arabia, Yaman, dan Oman. Dinegara maju seperti Amerika dan beberapa negara-negara eropa. Kayu gaharu digunakan untuk penghilang stres, sakit ginjal, pembekakan kanker dan limfa, penyakit asma serta hepatitis.

 

m4s0n501
tags: , ,

Related For kayu gaharu