Jenis bibit gaharu

jenis bibit gaharuTerdapat berbagai macam dan ragam farian  jenis bibit gaharu yang ada di dunia.dari mulai yang tidak di rekomendasikan hingga bibit gaharu yang sangat direkomendasikan oleh pengusaha gaharu internasional.

Dengan begitu banyak jenis jenis bibit gaharu maka sebagi seorang petani yang akan menanam bibit gaharu untuk kepentingan budidaya perlu mengetahui apa saja bibit gaharu yang layak untuk menjadi pilihan dalam seleksi bibit gaharu

Jenis bibit gaharu yang tidak direkomendasikan pembeli internasional adalah jenis gaharu buaya,mengapa?

Karena jenis gaharu ini tidak memiliki aroma yang khas dan kandungan resin didalamnya sangat rendah sehingga kurang disukai pembeli.

Jika kita membudidayakn jenis bibit gaharu yang tidak direkomendasikan tentunya kan berdapak buruk pada hasil budidaya kita,karena tidak ada buyer yang akan membeli gaharu hasil panen kita disebabkan jenis bibit yang kita tanam tidak sesuai dengan keinginan pasar internasional.

Jadi jangan asal-asalan dalam memilih jenis bibit gaharu.Pastikan bibit gaharu yang kita tanam merupakan jenis bibit gaharu yang memiliki daya jual di tingkat internasional dengan kategori super.

Ciri-ciri gaharu buaya adalah :

1.Warna kayu kecoklatan

2.Tidak memiliki serat yang jelas

3.Tidak memiliki aroma yang kuat

4.Jika dibakar masih tercium aroma kayu biasa.

Sedangkat jenis bibit gaharu  yang paling diminati pembeli dan direkomendasikan oleh buyer internasional dalam arti sangat dianjurkan karena memeiliki nilai ekonomi yang tinggi adalah  jenis bibit gaharu aquilaria.Sedangkan jenis bibit gaharu aquilaria masih terbagi lagi menjadi beberapa farian,seperti dalam tabel jenis bibit gaharu dibawah ini :

jenis bibit gaharu aquilaria yang sudah populer di indonesia antara lain :

1.aquilaria malacensis

2.mikro karpha

3.bekariana

5.Filaria

6.galoca

7.subti negara

jenis bibit gaharu yang layak untuk dibudidayakan dan direcomendasikan oleh buyer/pembeli gaharu di pasar internasional adalah jenis bibit gaharu keluarga Aqularia.Kenapa jenis bibit gaharu aquilaria malacensis sangat direkomendasikan? Karena bibit gaharu aquilaria malacensis memiliki kandungan resin yang tinggi di banding jenis bibit gaharu yang lain.

Selain itu bibit gaharu aquilaria malacensis memiliki aroma yang banyak disukai oleh bayer dan user glubal gaharu dan minyak gaharu karena kelembutan aroma yang enak dan berkelas.Semoga dengan tulisan sederhana ini bisa membantu dan menambah pengetahuan bagi petani indonesia.

Terimakasih semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih jenis bibit gaharu.

m4s0n501
This entry was posted in bibit gaharu, jenis bibit gaharu, Jual bibit Gaharu and tagged , , . Bookmark the permalink.