Harga kayu gaharu dan glubal

Harga kayu gaharu dan glubalHarga kayu gaharu dan glubal sudah pasti berbeda karena yang biasa disebut kayu gaharu adalah pohon gaharu yang tidak jadi dalam arti tidak terdapat glubal didalamnya.Dengan kata lain kayu gaharu tersebut tidak mengandung resin sesuai standar penjualan glubal.

Bayak sekali terjadi kesalahfahaman di masyarakat antara Harga kayu gaharu dan glubal diangap sama dalam artian satu maksud produk.Hal ini bisa dimaklumi karena sebagaian besar masyarakat indonesia masih begitu asing dengan istilah-istilah tersebut, ataupun masih tahap belajar dalam usaha budidaya gaharu.

Harga kayu gaharu dalam arti kayu putih gaharu yang tidak mengandung resin atau tidak ada glubal gaharu didalam kayu tersebut biasa dibeli oleh perusahaan perajin kayu gaharu dengan harga Rp.5000 per kilogram.Dengan catatan dengan potongan kadar air sesuai dengan kadar air yang ada dalam kayu gaharu.

Kayu gaharu putih biasanya digunakan untuk bahan baku black magic wood orang indonesian menyebutnya gaharu buatan.Disebut gaharu buatan karena poses pembentukan gaharu mengunakan sistem ijeksi minyak dan resin kedalam kayu gaharu putih mengunakan alat khusus.

Sedang glubal adalah kayu gaharu yang sudah mengandung resin gaharu dengan ukuran tertentu sehingga membentuk warna dan aroma khas pada kayu gaharu tersebut.sedangkan dalam proses pembentukan glubal itu sendiri ada dua model, yaitu alami dan inokulasi.

Glubal gaharu alami dalam pembentukannya banyak dipengaruhi oleh faktor lingkungan dimana pohon tersebut hidup.Sedangkan gaharu inokulasi sudah melalui tekhnologi yang dikembangkan manusia dengan menyuntikkan inokulan kedalam batang pohon gaharu.Dalam kurun waktu tertentu kayu tersebut akan terinveksi dan menghasilkan gulbal.

Harga kayu gaharu dan glubal jelas-jelas 2 produk yang berbeda baik dalam warna, aroma dan bentuk.Harga glubal gaharu alam tentunya lebih tinggi dibanding gaharu inokulasi meski dalam kondisi yang hampir sama dalam warna dan bentuk.Namun dari sisi aroma sangat jauh berbeda,seperti buah masak secara alami dengan buah masak dengan cara karbitan.

kita sebagi petani gaharu harus benar-benar mengetahui Harga kayu gaharu dan glubal  serta perbedan diantara keduanya.dengan demikian kita tidak menjadi gelap mata memaksakan menjual kayu gaharu puti seperti harga glubal.

This entry was posted in Gaharu, Harga gaharu and tagged , , , , . Bookmark the permalink.