Gaharu

Gaharu adagaharulah merupakan resin hitam yang beraroma wangi dan berwarna hitam gelap ada dalam sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, memiliki kandungan damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi secara alami atau buatan pada pohon Aguilaria sp (Thymelaeaceae).
Gaharu dikenal berasal dari marga tumbuhan bernama Aquilaria. Di Indonesia sudah ribuan tahun tumbuh di hutan-hutan belantara di indonesia seperti hutan papua, hutan kalimantan dan hutan diwilayah sumatra.

Di indonesia sudah tumbuh berbagai macam spesiesnya, seperti A. malaccensis, A. microcarpa, A. hirta, A. beccariana, dan A. Filaria.
Karena banyaknya jenis tumbuhan ini ada di Indonesia, maka bukan barang aneh, bila kemudian tumbuhan ini juga banyak dimanfaatkan masyarakat. Manfaat gaharu antara lain sebagai bahan pembuat obat dan parfum.

Gaharu adalah salah satu komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) komersial yang bernilaijual tinggi. Bentuk produk gaharu merupakan hasil alami dari kawasan hutan berupa cacahan, gumpalan atau bubuk. Nilai komersial gaharu sangat ditentukan oleh keharuman yang dapat diketahui melalui warna serta aroma kayu bila dibakar.

Apa guna gaharu?

Gaharu mempunyai kandungan resin gaharu atau damar wangi yang mengeluarkan aroma dengan keharuman yang khas. Bahkan diperlukan sebagai bahan baku industri parfum, obat-obatan, kosmetik, dupa, dan pengawet berbagai jenis asesoris serta untuk keperluan kegiatan agama bagi pemeluk Islam, Budha, dan Hindu.

Seiringnya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi industri, gaharu berguna sebagai bahan obat-obatan. Menurut Raintree(1996), gaharu dipakai sebagai obat anti asmatik, anti mikroba, stimulant kerja syaraf dan pencernaan.
Dalam khazanah etnobotani di Cina, digunakan sebagai ubat sakit perut, perangsang nafsu birahi, penghilang rasa sakit, diare, ginjal tumor paru-paru dan lain-lain.

Di Eropa, diperuntukkan sebagai ubat barah. Di India, digunakan sebagai ubat tumor usus. Di beberapa Negara seperti Singapura, Cina, Korea, Jepang, dan Amerika Serikat sudah dikembangkan sebagai ubat-ubatan seperti penghilang stress, gangguan ginjal, sakit perut, asma, hepatitis, pembengkakan liver dan limfa.

Bahkan Asoasiasi Eksportir Gaharu Indonesia (ASGARIN) melaporkan bahawa Negara-negara di Eropa dan India sudah memanfaatkan gaharu tersebut untuk pengobatan tumor dan kanker.

Beberapa anggota asosiasi yang saya kenal sudah pernah melakukan ekspor gaharu ke india dan tuimur tengah sebanyak 1 ton/bulan.wao….inilah kenyataan yang terjadi di indonesia ,sayangnya tidak semuanya tahu tentan itu

m4s0n501
This entry was posted in Gaharu, Jual bibit Gaharu. Bookmark the permalink.