Gaharu indonesia

Gaharu indonesiaHutan gaharu Indonesia merupakan salah satu sumber kekayaan alam yang dapat  dipertahankan bila dipelihara dan dikelola dengan baik. Hutan juga merupakan salah satu modal dasar yang sangat potensial bagi pembangunan di Indonesia, karena dapat memberikan manfaat serba guna bagi kelangsungan hidup manusia.

Kebutuhan akan kayu terus meningkat seiring dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk. Peningkatan kebutuhan kayu tidak sesuai dengan potensi dan eksistensi bahan baku yang tersedia di hutan alam.

Saat ini, kecenderungan masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan herbal untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit semakin meningkat. Tumbuhan herbal seperti Sambiloto, Temulawak, Lidah buaya, Gaharu indonesia , dan lain-lain banyak diminati oleh masyakarat. Dalam hal ini Gaharu banyak digunakan sebagai bahan baku obat-obatan untuk berbagai macam penyakit, misalnya penyakit stress, asma, liver, ginjal, radang lambung, radang usus, rhematik, tumor, dan kanker. Kini penggunaan Gaharu sebagai obat terus meningkat. Bahkan kini fungsi Gaharu juga merambah untuk bahan berbagai produk kecantikan (parfum dan sabun) dan dupa.

Pohon penghasil Gaharu indonesia (Aquilaria malaccensis) merupakan jenis pohon yang sejak lama dikenal oleh masyarakat dan mempunyai banyak manfaat diantaranya sebagai komoditi perdagangan yang penting dalam berbagai industri.

Indonesia adalah produsen Gaharu terbesar di dunia dan menjadi tempat tumbuh endemik beberapa species Gaharu komersial dari marga Aquilaria seperti Aquilaria malaccensis, Aquilaria microcarpa, Aquilaria hirata, Aquilaria beccariana, Aquilara filarial, dan lain-lain. Di Indonesia tanaman ini dikelompokkan sebagai produk komoditi hasil hutan bukan kayu (HHBK). Budidaya Gaharu sangat cocok dikembangkan dalam meningkatkan hasil hutan non kayu, sementara pasarnya sangat luas dan tidak terbatas.

Dengan nilai komersial yang demikian tinggi, volume perdagangan Gaharu indonesia semakin meningkat. Tingginya permintaan pasar dunia mengakibatkan perburuan Gaharu semakin meningkat dan tidak terkendali disamping kurangnya pengawasan serta daya dukung hutan yang semakin terbatas mengakibatkan potensi pohon penghasil gaharu indonesia khususnya dari genus Aquilaria semakin menurun.

Gaharu indonesia : pohongaharu.com, gaharu.com, kayugaharu.com, bibitgaharu.com, jualbibitgaharu.com, budidayagaharu.com, bijigaharu.com, jualgaharu.com

m4s0n501
This entry was posted in Bisnis gaharu, Gaharu and tagged , , , , . Bookmark the permalink.